Senin, 04 Juli 2011

Kemacetan dan Pejabat (bukan Penjahat!)

Kemacetan adalah hal yang paling nyebelin (kecuali kalau saya naik bajaj), apalagi kalau kita sedang terburu-buru. Sebenernya nggak sering juga saya terjebak macet, secara kejadian ini waktu saya masih di Jember. Ketika pulang kuliah saya sering memilih jalan yang agak jauh (bukan berarti saya pergi ke Jakarta dulu baru sampe rumah) soalnya jalan yang biasanya saya lewati, notabene yang lebih dekat, rusak berat.

Nah waktu lewat di depan sebuah hotel yang jalannya agak sempit, ternyata saya kena macet (scara emank jalannya sempit ya, gak aneh lah kalo macet!. Oh iya ya? wkwkwk). Setelah saya amat-amati ternyata sebuah bus parkir di depan sebuah hotel yang terletak di jalan itu. Banyak polisi juga waktu itu, saya udah ngira wah ada kecelakaan sepertinya. Gawat juga pasti kalo ketabrak bus, enggak ngebayangin ancurnya badan korban hiiii..... Tapi ternyata busnya baik-baik saja. Kemudian keanehan berikutnya kok ada banyak tentara ya? Jangan-jangan penggerebekkan Terroris.
Tapi perkiraan berikutnya tertepis karena banyak mobil ijo bagus-bagus ber plat tentara (bukan berarti tentaranya di taruh di bagian plat. Tapi itu loh plat yang berwarna merah ijo trus ada bintangnya. Bagi yang susah bayangin ato yang tetep gak paham saya sarankan mengunjungi kodam atau kodim terdekat, kalau terlalu jauh ya koramil lah. Kalo uda langsung aja ke bagian parkir hehe). Lalu ada perkiraan lain, apa presiden dateng ya?

Oalah ternyata cuma orang sok penting yang kebetulan lewat. Biasa lah, kalau orang sok penting kan emang begitu ya?. Lewat aja udah minta dikawal, jalan-jalan di bersihkan. Saya jadi ingat soal kecelekaan di tol gara-gara presiden lewat. apa cuma di Indonesia ini ya, yang presiden lewat aja sampai harus menelan korban. Ah itu koordinasinya aja yang kurang lancar. Okelah bisa diterima ini bukan presiden-nya yang bego tapi anak buahnya. Saya pikir berakhir begitu saja hari itu, tapi ternyata besoknya begitu lagi. Lah kali ini macetnya pagi hari selesai nganterin keponakan sekolah. Wah-wah, saya makin penasaran, ini siapa sih yang datang. Kok sampe begitu amat superioritasnya di jalanan?. Sebenernya bapak itu orang penting atau memang dipentingkan oleh orang lain, tapi memang begitu mungkin standard operasional pengamanannya. Lha ya kan kerjaannya ngurusin orang banyak, wajar dunk di duluin. Tapi kalau dia korupsi gmn?. Uhm... Standart Operation Prosedure (SOP)-nya sih dia kan kerjaannya ngurusin kesejahteraan orang banyak. Masalah dia mau korupsi apa enggak kita serahkan saja pada Tuhan yang di atas. Secara jaman sekarang mereka juga santai aja walo masuk penjara wong kayak masuk hotel aja.

Ah sudah ah malas saya mengomentari soal petinggi. Yang pasti mereka kaya dan terkenal, ya saya cuma bisa berdoa mudah-mudahan mereka tidak lupa dengan SOP-nya dan orang lain yang “menggaji” mereka, rakyat maksutku bukan perusahaan yang memberi mereka uang buat menangin tender ya. Soalnya selama ini yang kita tahu kan mereka selalu lupa. Ah sudah ah saya bosan ngomong ngalur ngidul toh nggak ada petinggi yang mau nggubris. Sudah! Kalau kamu jadi menteri gimana? Apa kamu nggak mau naik mobil mewah 1, sekian M? Kalau aku di tanya begitu aku pilih naik bajaj n busway kalao cuma mau keliling kota aj, murah! Kan uang buat bayar pengawalan dan bensin mobil mewah bisa masuk kantong sendiri. “saya pikir kamu mau meniru mahatma gandhi”, kata hati baik. “Ternyata kamu masih belum berubah, tetap mata duitan”. Loh haree.. gene? Duit itu memang bukan segalanya, tapi segalanya nggak bisa kalau nggak pake duit cin!.
“Nah kalau gitu kamu sama aja korupsi, harusnya kalau ada sisa anggaran kan di kembalikan ke negara”. Hati yang satu ini kok agak ngeyel ya? Kan selama ini anggaran nggak ada yang balik sepenuhnya, semua juga nyatut lah 1-2 rupiah. Kalau saya enggak begitu, saya yang susah.
“makanya min, untung bukan kamu yang jadi menteri.”
Uhm.............................
ternyata hati yang pesimis emank enggak pernah mau diajak membual walau sedikit saja.

Tidak ada komentar: